Terimakasih untuk selalu tak perduli & mengacuhkan ku sekian tahun ini

Program Hibah MITI 2014

Visi OTAKstudio community adalah memaksimalkan pemanfaat IT untuk keseimbangan manusia, alam dan pencipta. Salah satu tagline nya adalah live di mana kami memiliki idealisme bahwa dengan berbagi maka kami akan menjadi lebih hidup. Karena berkontribusi (berbagi) kepada lingkungan sekitar membuat hidup kami jadi lebih berarti dan bermanfaat. Lantas apa yang kami bagikan? Yaitu pengalaman dan pengetahuan tentang pemanfaatan teknologi informasi dalam berbagai bentuk seperti menyediakan website informasi/edukasi/tips trik tentang IT, eMags gratis, eBook gratis, video tutorial berkala di channel Youtube OTAKstudioTV, mengadakan seminar gratis dan lain sebagainya.

Salah satu program kerja yang sedang kami rancang adalah mengedukasi berbagai lapisan masyarakat umum di luar mahasiwa IT dan praktisi IT agar pemanfaatan teknologi informasi menjadi lebih maksimal, efisien dan efektif guna meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat. Tentunya kami tidak sendirian karena kami berkolaborasi dengan LSM, Pemerintah, dan vendor IT serta pihak-pihak lain yang perduli pada perkembangan IT secara positif pada kalangan masyarakat umum.

Program hibah dari MITI itu sendiri adalah salah satu stackholder sumber dana pelaksanaan program kerja kami. Namun sayangnya pada tahun 2014 ini. Kami terlambat mengajukan proposal pengajuan dana hibah dikarenakan ketidaktahuan sosialisasi pendanaan ini. Berikut informasi mengenai program hibah MITI.

Hibah MITI:

Hibah MITI

HIBAH MITI merupakan salah satu program dari MITI dengan pelaksana teknisnya adalah MITI Klaster Mahasiswa (MITI-KM) dan untuk konsepnya diarahkan oleh Regional Development Center (RDC) MIC. Program ini merupakan tahap awal dari model pemberdayaan masyarakat dan industri MITI, yaitu tahap idea creation (penciptaan ide) untuk menggali potensi pemuda/mahasiswa yang inovatif dan pemanfaatan Iptek melalui program pemberdayaan masyarakat dengan aplikasi teknologi tepat guna. Dari kegiatan ini diharapkan terjadi peningkatan kontribusi pemuda dalam penyelesaian masalah, peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.
Bentuk program ini adalah pemberian dana hibah kepada kelompok mahasiswa. Tema HIBAH MITI secara umum adalah “Pemberdayaan Potensi Lokal yang Berdaya Saing Global Menuju Masyarakat Mandiri dan Produktif”. Tema tersebut diambil mengingat masih adanya potensi SDA daerah yang belum termanfaatkan secara optimal dan daya saingnya masih rendah. Jika pun ada, unsur inovasi dan kontinuitasnya masih rendah. Diharapkan program yang diajukan mampu membantu masyarakat setempat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup mereka, serta lebih jauh ke depan membentuk masyarakat yang mandiri dan produktif, menjadi bagian dari solusi dan berpartisipasi aktif dalam membangun negeri. Oleh karena itu, proposal yang diajukan oleh mahasiswa ditekankan untuk dapat menyentuh ekonomi masyarakat setempat dengan memberikan improvement terhadap usaha-usaha yang mereka lakukan.
Output yang diharapkan dari terselenggaranya kegiatan HIBAH MITI ini adalah sbb:
  • Adanya kebermanfaatan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Inovasi yang berkelanjutan untuk meningkatkan kemandirian perekonomian masyarakat dengan inisiator dari mahasiswa.
  • Implementasi teknologi tepat guna untuk membantu menyelesaikan permasalahan masyarakat berbasis sosioteknopreneurship.
  • Terjalinnya hubungan yang harmonis dan menguntungkan, antar berbagai pihak: Perguruan Tinggi, Swasta, dan Masyarakat.

1.    Topik HIBAH MITI
Topik yang dapat diajukan dalam program HIBAH MITI ini meliputi:
  • Pertanian
  • Teknik Pangan
  • Peternakan
  • Perikanan
  • Kesehatan
  • Lingkungan
2.    Bentuk kegiatan HIBAH MITI
Secara umum, kegiatan Program Hibah MITI ini dilakukan melalui tahap berikut ini:
  • Sosialiasi program HIBAH MITI
  • Pengumpulan proposal Hibah MITI
  • Proses seleksi proposal Hibah MITI
  • Pengumuman proposal lolos seleksi
  • Pendanaan Hibah MITI
  • Proses monitoring dan evaluasi program secara berkala
  • Evaluasi akhir
3.    Sasaran Kegiatan HIBAH MITI
Sasaran dari kegiatan PROGRAM HIBAH MITI adalah mahasiswa/i D3/S-1 aktif seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia.
3.    Alur HIBAH MITI
Alur HIBAH MITI dapat dilihat melalui alur berikut ini.
sumber

No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan & santun