Sebuah impian dan pencapaian besar jika bisa menggoreskan sejarah diri dalam ajang perhelatan kompetisi tahunan IT internasional semacam Imagine Cup 2014. Berangkat dari bergabungnya saya sejak Agustus 2013 lalu ke dalam Gblack Teamawalnya kami menjadikan Imagine Cup 2014 sebagai program kerja fokus awal kolaborasi tim ini. Bersama rekan-rekan Gblack Team dan dibantu Vitrie K. A., berbagai macam literasi tentang Imagine Cup saya pelajari baik dari website resminya ataupun informasi media tentang perhelatan akbar ini beberapa tahun terkahir.
Demi mengikuti acara ini, kami memiliki gagasan untuk menciptakan game 3D dengan gameplay yang cukup rumit. Dalam story board game yang kami rancang, kami memadukan permainan dan edukasi di mana player akan ditantang untuk memecahkan permainan matematis visual 3D untuk melanjutkan ke level berikutnya hingga tujuan akhir game ini selesai. Namun seiring berjalannya waktu, kami mengasah terlebih dahulu kemampuan masing-masing personal dalam proyek kompetisi lokal skala nasional seperti Mobile Game Developer War 5, Indosat Wireless Innovation Contest 2013, Hackathon Startup in Asia 2013 yang membuat kami menyadari bahwa kami masih perlu banyak belajar untuk meningkatkan skill kami.
Ibarat busur panah agar bisa melesat jauh perlu ditarik mundur guna menghimpun kekuatan untuk bisa lebih bertenaga dalam membidik sasaran yang tepat. Jadi, kami tunda keikutsertaan kami dalam ajang Imagine Cup 2014 ini. Sayang sekali, karena sebagian kami mau tidak mau harus lulus kuliah tahun ini dan kesempatan ikut serta tahun depan tidak ada sebab syarat utama keikutsertaan statusnya adalah sebagai mahasiswa.
Publikasi Roadshow:
Final Imagine Cup 2014 Indonesia:
"We are young and every day we can make our dreams come true."
Apa itu Imagine Cup?
Imagine Cup merupakan kompetisi teknologi terbesar berskala internasional yang diselenggarakan oleh Microsoft, diikuti lebih dari 1,65 juta mahasiswa dan lebih dari 190 negara selama 11 tahun terakhir. Terdapat 3 kategori kompetisi utama pada Imagine Cup tahun 2014 ini yaitu: Games, Innovation dan World Citizenship. Setiap tim finalis akan mempresentasikan dan menunjukan kemampuan aplikasinya dalam acara Final Nasional ini dan bersaing untuk menduduki kursi pemenang sebagai Worldwide Semifinalist.
Jumat, 11 April 2014
Pukul 13.00 - selesai
The Oval, Epicentrum Walk
Jl. H.R. Rasuna Said, Jakarta
Agenda Final Imagine Cup 2014:
13.30-14.15
Pembukaan
17.45-18.45
Jeda sholat
14.15-15.30
Presentasi dari kategori World Citizenship
18.45-20.15
Presentasi dari kategori Games
15.30-16.15
Presentasi dari Nokia
20.15-20.45
Kuis dan permainan
16.15-17.45
Presentasi dari kategori Innovation
20.45-21.30
Pengumuman pemenang, sesi foto, dan penutupan
Siapa saja yang akan bertanding?
Tim DigiD2 - Institut Teknologi Sepuluh November
Dengan proyek CAKRA, DigiD2 menciptakan aplikasi yang dapat membantu terapi penyandang Autis, ADHD, dsb dengan menggunakan teknologi yang interaktif dan dilengkapi dengan Kinect dan Prompt Button (PROTON).
Tim Dreambender - Telkom University, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjadjaran
Isara adalah buah karya dari Dreambender yang merupakan kamus terbuka dan system pembelajaran bahasa isyarat yang interaktif dan reltime dengan menggunakan Kinect sebagai sensor gerak.
Tim Ganesia - Institut Teknologi Bandung
Mengikuti tren digital zaman sekarang, Ganesia menciptakan sebuah media sosial untuk pengguna mengukur dan membagikan aktivitas mereka yang berkontribusi mengurangi dampak pemanasan global, yang dinamakan GreenAct.
Tim IDE DELTA- Institut Teknologi Bandung
Dengan menggunakan EEG Headset yang dapat menangkap gelombang otak, IDE DELTA menciptakan Smoothie yang dapat mencari lagu berdasarkan perasaan penggunanya.
Tim Madina Technologies - Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Indonesia, UPN Veteran
"Sometimes, you will never know the true value of a moment until it becomes a memory." Berdasarkan kalimat itulah Momento tercipta. Setiap momen bisa diabadikan dengan Momento dengan cara baru dan lebih menarik.
Tim The Avatars - Universitas Gadjah Mada
Plumber merupakan cara baru untuk mencerna serpihan informasi dari dunia maya (web). Dengan algoritma yang diciptakan sendiri, Plumber dapat membuat konten yang panjang menjadi serpihan intisarinya.
Tim Junior Studio - Universitas Trunojoyo Madura
Saluck Story merupakan game puzzle yang menceritakan usaha Saluck dalam menemukan jalan pulang. Kalian akan ditantang untuk mencari jalan tercepat dan memecahkan persoalan aritmatika untuk mendapatkan nilai ekstra.
Tim Monzee Digital - Institut Teknologi Bandung
Gulingkan dadu ke empat arah hingga mencapai angka yang cocok dengan yang tertera dalam dunia yang elok dan indah, selesaikan puzzle secara efisien, dan dapatkan bonus untuk nilai yang lebih tinggi, karena tantangan dari dunia yang variatif menunggu Anda di Dice Roller!
Tim New Eleven Del - Institut Teknologi Del
Bersama Pora The Lake Rescuer, New Eleven Del membuat game yang mengangkat tema membersihkan danau dengan gelembung-gelembung yang diciptakan dari ikan pora-pora.
To Do Next:
Datang ke acara Final Imagine Cup 2014 Indonesia
Dukung tim favoritmu
Coba dan mainkan langsung aplikasi para finalis
Dapatkan puluhan software gratis dari Microsoft*
Ikuti berbagai macam permainan dan dapatkan hadiah-hadiah menarik termasuk: T-Shirt exclusive Imagine Cup, Nokia Lumia, dan Acer Iconia!*
*akan diumumkan lebih lanjut melalui Facebook dan Twitter MSP Indonesia
Sampai jumpa di final nanti!
Sumber informasi detail bisa dilihat di http://www.imaginecup.com/Country/Details/ID http://aka.ms/ImagineCupIDFinal
No comments:
Post a Comment
Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan & santun
No comments:
Post a Comment
Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan & santun